Kamis, 17 Januari 2013




Biografi Asy-Syaikh Abul Hasan Mustafa bin Isma’il  As Sulaimany Hafizhohullahu
BIOGRAFI ASY-SYAIKH ABUL HASAN AS-SULAYMANI -HAFIDZAHULLAH-

Segala puji adalah milik Allah, Rabb semesta alam. Shalawat dan salam semoga senantiasa tersanjungkan kepada junjungan kita Nabi Muhammad shallallahu’alaihi wasallam dan kepada para shahabatnya seluruhnya. Amma ba’du:

Artikel ini berisikan tentang ringkasan biografi syaikh kami yang mulia Asy-Syaikh Abul Hasan As-Sulaimany hafidzahullah, yang mudah-mudahan Allah senantiasa membimbing beliau diatas jalan kebenaran dan petunjuk. Sebagaimana juga kami berharap agar Allah senantiasa memberikan manfaat melalui perantaraan syaikh kami yang mulia, memberikan barakah atas kesungguhannya, dan mudah-mudahan juga Allah memanjangkan umur beliau diatas ketaatan, sesungguhnya hanya kepada Allah-lah tempat berharap dan sebaik-baik Pemberi.

Tulisan ini adalah ringkasan yang disusun oleh salah seorang ikhwan yang belajar di fakultas tarbiyah, yang mana ia diberi tugas untuk menyusun biografi tentang syaikh kami Asy-Syaikh Abul Hasan.

Nama Dan Kunyah Beliau

Beliau adalah Abul Hasan Mustofa bin Isma’il as-Sulaimany bin Isma’il bin Sayyid Ahmad As-Sulaimany.

Pertumbuhan Dan Awal Mula Beliau Menuntut Ilmu Syar’i

Beliau dilahirkan di Republik Mesir tepatnya di salah satu kampung di propinsi Al-Manshurah. Bertepatan dengan tanggal 14 Januari 1958. Beliau tumbuh berkembang di sebuah lingkungan rumah tangga yang mencintai agama, beliau banyak menghafal ayat Al-Qur’an dari semenjak beliau masuk tingkat pertama ibtida’iyah.

Beliau melanjutkan belajarnya sampai tingkat kuliah, namun beliau tidak mengambil fakultas khusus dalam bidang ilmu syar’i. Kemudian pada tahun 1400 H beliau pergi safar menuju negeri Yaman. Beliau berprofesi sebagai seorang guru di sebuah sekolahan di propinsi Khaulan disebuah qabilah yang bernama Bani Bahlul selama kurang lebih sekitar tiga bulan. Selama berada di sana beliau pun gemar mengajak masyarakat untuk berpegang kepada sunnah, meninggalkan segala macam kebiasaan-kebiasaan yang menyelisihi syari’at, dan mengajak untuk menjauhi fanatisme buta yang tidak berlandaskan dalil. Seruan dan dakwah beliau pun mendapatkan sambutan dan respon yang baik dari para murud-murid sekolah, para pembesar kampung, dan berbagai macam elemen masyarakat. Beliau berhasil menenangkan beberapa oknum yang berselisih akibat terjadi perbedaan madzhab diantara mereka.

Kemudian beliau safar menuju propinsi Ma’rib, beliau sampai di sana bertepatan dengan peletakan batu pertama pembangunan sebuah madrasah swasta yang dibangun dengan bantuan Asy-Syaikh Abdul Aziz bin Baz rahimahullah di Ma’rib, tepatnya di sebuah perkampungan Wadi Abidah. Yang mana sekolah ini berbasic pembelajaran ilmu syar’i dan tahfidzul qur’an, yang mana jumlah sekolahan tersebut sekitar tiga puluh.

Maka beliau pun berpropesi sebagai pengajar di dalamnya dalam kurun waktu beberapa tahun, beliau senantiasa mengajar sambil beliau tetap memberikan bimbingan dan arahan kepada para pengajar yang lain dalam masalah dakwah. Kemudian setelah itu beliau lebih fokus terhadap pembelajaran ilmu-ilmu syar’i, beliau pun fokus terhadap pembelajaran ilmu hadits, fiqih, dan Ushul.

Pada tahun 1406 H Asy-Syaikh Muqbil bin Hadi Al-Wadi’i rahimahullah berkunjung ke Ma’rib. Kemudian Syaikhuna Abul Hasan mengajukan beberapa pertanyaan kepada beliau terkait dengan beberapa hal penting berkaitan dengan ilmu hadits.kemudian pertanyaan-pertanyaan tersebut tersusun dalam sebuah kitab yang tercetak dengan judul “Al-Muqtarih Fil Ijabah ‘An Asilatil Musthalah Lisy Syaikh Muqbil rahimahullah”. Pada tahun 1409 H Syaikhuna Abul Hasan bersafar menuju markaz Darul Hadits di Sho’dah, beliau berada di sisi syaikh Muqbil sekitar 3 bulan. Beliau pun fokus untuk mengikuti pelajaran Asy-Syaikh Muqbil rahimahullah, serta duduk bersama beliau untuk membahas hal-hal yang berkaitan dengan permasalahan dakwah, baik umum maupun khusus. Dikala itu pula tercetak kitab beliau yang berjudul “Syifa’ul ‘Alil Bi Alfadz Wa Qawa’id Al-Jarh Wat Ta’dil”. Kemudian beliau pulang ke Ma’rib dengan terus menjalankan dakwah kepada Allah, menulis, dan mengajar di Darul Hadits Ma’rib. Kemudian –dengan izin Allah- dakwah beliau yang penuh dengan berkah ini menyebar hingga ke beberapa propinsi yang berdekatan dengan Ma’rib antara lain: Hadhramaut, syabwah, dan Al-Jauf. Sehingga bertambah pula Markaz yang beliau asuh, bertambah muruid-muridnya, serta tersebar pula dakwah beliau ke seantero Yaman –dengan keutamaan Allah-. Kita memohon kepada Allah agar menyempurnakan kebaikan ini dengan penuh kebaikan dan berkah.

Terjadi hubungan yang amat baik dan akrab antara syaikh Abul Hasan hafidzahullah dengan Syaikh Muqbil rahimahullah, yang mana keduanya saling menjalin hubungan baik dan bermusyawarah dalam hal-hal yang berkaitan dengan urusan dakwah. Walaupun dalam beberapa perkara terjadi perbedaan cara pandang antara syaikh Abul Hasan dengan syaikh Muqbil namun hubungan antara keduanya tetaplah harmonis, dikarenakan perbedaan pendapat dalam sebagian perkara tidak mengharuskan adanya perpecahan.

Pada tahun 1417 H beliau melakukan perjalanan safar ke Riyadh, di sana beliau duduk di majelis asy-Syaikh Ibnu Baz rahimahullah selama beberapa bulan di Masjid Jami’ Al-Kabir. Beliau juga menghadiri beberapa majelis pelajaran Asy-Syaikh Abdullah bin Abdurrahman Al-Jibrin rahimahullah. Beliau juga belajar di sisi Asy-Syaikh Muhammad bin Shalih Al-Utsaimin rahimahullah ketika berada di Riyadh dan Makkah. Pada tahun sebelumnya sekitar tahun 1410 H beliau berjumpa dengan ahli hadits masa kini yaitu Asy-Syaikh Al-Albani rahimahullah di Makkah Al-Mukarramah. Kemudian beliau melakukan tanya jawab ilmiyah yang terekam dalam sebuah kaset. Kemudian pada tahun 1416 H beliau melakukan safar ke Yordania, dan duduk di majelisnya Asy-Syaikh Al-Albani rahimahullah. Beliau pun tidak melewatkan kesempatan ini dengan mengajukan beberapa pertanyaan yang terangkum dalam 12 majelis. Setiap satu kali majelis dimulai dari mulai setelah ‘Ashar sampai kurang lebih waktu ‘Isya’. Beliau pun merekam pertanyaan-pertanyaan tadi dalam sebuah kaset yang telah dikenal oleh berbagai penuntut ‘ilmu. Kemudian beliau pun kembali ke Ma’rib untuk melanjutkan kembali dakwahnya.

Anak-Anak Beliau, Istri-Istri Beliau, dan Kondisi Keperibadian Beliau

Asy-Syaikh memandang bahwa membahas tentang hal tersebut tidaklah terlalu banyak memberikan faedah bagi para penuntut ilmu. Namun mungkin penjelasan secara ringkasnya bahwa beliau adalah orang tua dari sepuluh anak laki-laki dan delapan anak perempuan, dan beliau suami bagi tiga istri. Kita memohon kepada Allah agar memperbaiki kondisi kita dan kondisi mereka, memperbaiki seluruh kaum muslimin, dan mudah-mudahan Allah menjadikan dari lesan beliau kebaikan bagi yang lainnya, mudah-mudahan Allah menjadikan anak keturunan beliau sebagai penyejuk pandangan mata serta kebaikan di dunia dan di akherat.

Karya-Karya Tulis Beliau

Asy-Syaikh Abul Hasan termasuk diantara sederetan para ulama yang produktif dalam karya tulis ilmiah. Dengan taufiq dari Allah beliau telah menulis beberapa kitab, risalah-risalah kecil, dan beberapa pembahasan ilmiah yang sebagiannya sudah tercetak dan sebagiannya lagi masih dalam proses cetak dengan izin Allah Ta’ala. Adapun diantara karya tulis beliau yang sudah tercetak antara lain:
  1. Syifa’ul ‘Alil Bi Alfadz Waqa’id Al-Jarh Wat Ta’dil. Pada juz yang pertama.[1]
  2. Kasyful Ghummah Fi Bayani Khasa’ishi Rasulillah shallallahu’alaihi wasallam Wal Ummah.[2]
  3. Ithafun Nabil Bi ajwibati As’ilati ‘Ulumil Hadits Wal ‘Ilal Wal-Jarh Wat-Ta’dil. Dalam dua juz.[3]
  4. Silsilatul Fatwa Asy-syar’iyyah. Tercetak juz pertama dari vol.1 sampai vol 13.[4]
  5. Tanwirul ‘Ainain Bi Ahkamil Adhohi Wal ‘Idain.[5]
  6. Sabilun Najah Fi Hukmi Tarikis shalah.[6]
  7. Ad-Difa’ ‘An Ahlil Ittba’.[7]
  8. As-Sirajul Wahhaj Fi Shahihil Minhaj.[8]
  9. Fitnatut Tafjirat Wal Ightiyalat: Al-Asbab Wal Atsar Wal ‘Ilaj.[9]
  10. Al-Mut’ah Fi Ta’yini Sa’atil Ijabah Yaumul Jum’ah.[10]
  11. Al-Jawahir As-Sulaymaniyah Bi Syarh Mandzumah Al-Baiquniyah.[11]
  12. Ikmalul Farh Bi durusil Mustholah.[12]
Beberapa karya Tulis Beliau yang Lain yang sedang Dalam Proses Cetak dengan izin Allah.
  1. Kasyful Ghitha’ Bitahqiq Ahadits Wa Atasar Ad-Daa’ Wad Dawa’. Dalam tiga jilid.[13]
  2. Minhatul Ma’bud Fi Ahkamil ‘Aqiqah Wal-Maulud.[14]
  3. Kasyfus Sitri ‘An Ahkami Zakatil Fithri.[15]
  4. Jami’ut Tahshil Bi Jawazil Bai’ Biz Ziyadati Ma’at Ta’jil.[16]
  5. Al-Burhanust Tsabat Fi Jawazis shiyami Yaumis Sabt.[17]
  6. At-Taudhih Li ahkamil Qunut Wal I’tikaf Wal Witri Wath Tarawih.[18]
  7. Al-Qira’ah Khalfal Imam.[19]
  8. ‘Umdatul Qari’ Bidirasati Tahqiqi Fathil Bari.[20] Telah Selesai penyusunan jilid pertama dan masih tersisa dua jilid lagi akan tetapi beliau kemudian urung merampungkannya kareba beberapa kesibukan beliau.
  9. Kasyful Makhbu’ Fistihbabit Tasmiyah ‘Alal Wudhu’.[21]
  10. Al-Qaulul Musfir Fi Waqti Imsakis sha’im ‘Anil Mufthir.[22]
  11. At-Tibyan Lima warada Fi Lailati Nishfi Min Sya’ban.[23]
  12. Fawa’id Min ‘Ilali Abi Hatim Wa Ad-Daruquthni.[24]
  13. At-Ta’liq ‘Ala Ahkamil Hafidz Fit Taqrib.[25] Selesai sampai huruf sin.
  14. Fawa’id Haditsiyah Min Tahdzibit Tahdzib.[26]
  15. Naqdhu Syubuhatir Rafidhah.[27]
  16. Risalah Fi Ma’alim Al-Washithiyyah Wal I’tidal.[28]
  17. Syarah Ba’itsul Hatsits.[29]
  18. Syarah Al-Muqidzah. Karya imam Adz-Dzahabi rahimahullah.
  19. Syarah An-Nuzhah. Karya Al-hafidz Ibnu hajar rahimahullah.
  20. Syarah Al-Qawa’id Al-Fiqhiyyah karya Asy-syaikh As-si’di.
  21. Syarah Ushulus Sunnah imam Ahmad riwayat Abdus Al-Aththar.
  22. Syarah Kitabul Iman. Karya imam Abu Ubaid Al-Qasim bin Sallam.
  23. Tafsir Juz ‘Amma.
Demikian juga beberapa kumpulan pelajaran ilmiah yang beliau ajarkan dalam beberapa majelis, yang mana sebagiannya terekam dengan kaset dan sebagian yang lain sudah terpampang di situs-situs internet dan sebagian yang lain masih menyusul –insya Allah-.

Metode Yang Beliau Tempuh Dalam Menulis karya Tulis

Metode yang beliau tempuh dalam karya tulis ilmiyah beliau secara umum gambarannya sebagai berikut: apabila karya tulis beliau berkaitan dengan ilmu hadits beserta takhrijnya dan hukum kesimpulan akhir dari hadits tersebut maka metode yang beliau gunakan adalah mengumpulkan seluruh jalan-jalan periwayatan hadits, kemudian setiap jalan-jalan periwayatan tersebut beliau teliti dan bahas secara satu per satu, kemudian beliau melihat sinkronisasi antara satu riwayat dengan riwayat yang lainnya apabila hal tersebut bersumber dari satu jalan. Beliau sangat panjang lebar dalam memaparkan hal tersebut supaya tidak terjadi kekawatiran adanya riwayat cacat yang tersembunyi dalam jalan-jalan periwayatannya, yang mana beliau meneliti hal tersebut sesuai dengan kaedah-kaedah yang di susun oleh ahli ‘ilmi. Beliau menempuh metode tersebut selaras dengan para ulama terdahulu dalam masalah-masalah hadits dengan tanpa meng-kesampingkan usaha-usaha yang ditempuh oleh ulama hadits masa kini. Beliau selalu mengingatkan bahwa apa yang ditempuh oleh ulama-ulama masa kini adalah tongkat estafet yang juga ditempuh oleh para ulama-ulama terdahulu dalam ilmu hadits. Meskipun demikian ada diantara ulama-ulama zaman dahulu atau masa kini ada juga yang bersikap berlebih-lebihan dalam menghukumi suatu hadits dan jalan-jalan periwayatannya dan ada yang objektif. Demikian juga ulama-ulama terdahulu telah meletakkan beberapa preambule dalam ilmu hadits ini yang harus juga dijadikan pedoman oleh para ulama yang datang setelahnya. Oleh karena itu perkataan para ulama terdahulu dalam permasalahan i’lal (meneliti kecacatan suatu hadits) lebih di dahulukan dari pada sekedar penshahihan yang dilakukan oleh ulama-ulama masa kini yang hanya berpatokan dengan melihat dzahir sanad. Inilah metode yang sangat kentara yang beliau praktekkan dalam karya tulis beliau dan beberapa tahqiq yang beliau paparkan.

Adapun dalam masalah fiqih metode yang beliau tempuh adalah: pemaparan sebuah permasalahan, kemudian beliau iringi setelahnya dengan menyebutkan perbedaan pendapat para ulama dalam permasalahan tersebut (bila memeng ada khilaf diantara para ulama) disertai dengan memaparkan dalil setiap pendapat masing-masing madzhab. Kemudian beliau menimbang permasalahan khilaf tersebut dengan kaidah-kaidah dasar ilmu hadits dan Ushul fiqih, kemudian beliau merajihkan pendapat-pendapat tersebut dengan penerapan kaedah-kaedah diatas.metode yang beliau terpkan ini nampak kentara terutama pada kitab beliau yang berjudul ‘Tanwirul ‘Ainain’.[30] Beliau tidaklah memaparkan khilaf dalam suatu permasalahan yang belum pernah dimunculkan oleh para ulama. Beliau pun juga melihat khilaf yang ada dikalangan para ulama kemudian menyimpulkan bahwa di akhir pembahasan bahwa pendapat-pendapat tersebut adalah pendapat yang bisa ditolelir. Diantara permasalahan khilaf tersebut ada suatu permasalahan khilaf yang sudah jelas manakah yang benar diantara madzhab tersebut dan juga pendapat lain yang ganjil dan murni ketergelinciran dari seorang ulama. Adapun pada kondisi pertama tidak mengapa bagi seorang mujtahid untuk bertahan diatas pendapatnya dan tidak ada keharusan baginya untuk meninggalkan pendapatnya tersebut. Dan tidak mengapa juga bagi orang-orang awam setelahnya untuk mengikuti pendapat ulama tersebut. Adapun pada kondisi kedua maka tidak boleh bagi seorang yang awam untuk mengikuti ketergelinciran suatu pendapat yang ada pada ulama tersebut, namun meskipun demikian pendapat ulama tersebut tidaklah dibid’ahkan atau dianggap sebagai salah satu kesesatan. Sebagaimana juga seorang mujtahid dia mendapatkan satu pahala apabila ada kesalahan dalam isjtihadnya tersebut. Asy-Syaikh Abul Hasan memandang bahwa perselisihan dalam masalah ijtihadiyah dikalangan para ulama adalah suatu rahmat dan kelonggaran, dan tidak boleh hal tersebut dijadikan sebagai para meter untuk saling memusuhi dan menyerang satu dengan yang lain senagaimana yang dilakukan oleh para pengekor hawa nafsu. Beliau telah menjelaskan prinsp yang mulia ini dalam kedua kitab beliau yaitu “Ad-Difa’ ‘An Ahli ‘Ittiba’” dan kitab beliau “As-Sirajul Wahhaj”.

Martabat Ilmiyah Yang Beliau Sandang

Tidak ada gelar kesarjanaan khusus yang disandang oleh Syaikhuna Abul Hasan hafidzahullah dari bidang ilmu syar’i dalam suatu univertitas. Dikarenakan beliau belajar pada fakultas ekonomi, yang mana kemudian beliau kemudian pada tahun 1400 H pergi safar ke Yaman ketika beliau duduk di semester keempat sebelum menyelesaikan kuliahnya. Meskipun demikian dengan kegigihan beliau dalam mempelajari ilmu syar’i berkat taufiq dari Allah, banyak meringkas faedah-faedah ilmiah, serta banyak berkonsultasi dengan para ulama diantaranya: Asy-Syaikh Ibnu Baz, Asy-Syaikh Ibnu Utsaimin, dan Asy-Syaikh Al-Albani yang semuanya terekam dalam sebuah kaset menjadikan beliau menjadikan beliau mendapatkan martabat ilmiah yang tidak yang tidak bisa dinilai hanya dengan sekedar gelar kesarjanaan.

Madzhab Beliau Dalam Permasalahan Fiqih

Syaikhuna Abul Hasan hafidzahullah tumbuh di negeri Mesir, yaitu suatu negeri yang didominasi oleh pengikut madzhab Syafi’i. Kemudian beliau datang ke negeri Yaman yang mana mayoritas juga pengikut madzhab Syafi’i. Akan tetapi beliau memberikan perhatian besar untuk mempelajari seluruh disiplin ilmu Fiqih dari berbagai macam madzhab, dengan merajihkan pendapat yang paling kuat diantara pendapat madzhab-madzhab tersebut tanpa terpaku pada pendapat satu madzhab apalagi fanatik dengan satu madzhab. Beliau memandang apabila seseorang tidak mau mengambil faedah dari kitab-kitab berbagai madzhab dan cabang-cabangnya, maka dia telah mengharamkan atas dirinya suatu kebaikan yang banyak. Oleh karena itu janganlah seseorang bersikap kaku dan saklek dalam hal tersebut. Inilah gambaran dari beliau yang mana beliau tidaklah fanatik dengan pendapata salah satu diantara ulama-ulama terdahulu, maka terlebih lagi beliau tidaklah fanatik dengan pendapat ulama-ulama yang ada di masa kini. Akan tetapi beliau mengikuti pendapat yang selaras dengan dalil.

Pandangan Beliau Terkait dengan Permasalahan Politik

Merupakan hal yang telah diketahui secara bersama bahwa politik syar’i adalah bagian dari agama yang mulia ini. Yang mana agama ini telah mengatur politik umat diseluruh umat dipenjuru barat dan timur dalam kurun waktu yang panjang. Namun apabila kita melihat kondisi percaturan politik masa kini sungguh terdapat di dalamnya hal-hal yang penuh dengan keanehan dan kejanggalan. Sehingga dalam menghadapi permasalahan tersebut syaikh tidaklah berdakwah dengan kelompok politik tertentu dan sosok tertentu atau meninggalkannya tetapi beliau melihat sikon yang tepat sesuai dengan kaedah-kaedah syar’i yang diterapkan sesuai dengan tujuan mulia syari’at Islam yaitu menyempurnakan maslahat dan menghilangkan atau mengurangi madharat.

Meskipun demikian beliau tetaplah menyerukan masyarakat untuk tetap mendengar dan taat kepada pemimpinnya dalam perkara yang ma’ruf tas pemimpin yang telah terpilih secara resmi baik oleh dewan para ulama, atau merebut tampuk kekuasaan dengan kekuatannya, atau terpilih dengan cara pemilu atau dengan cara apapun sehingga ia menduduki tampuk kekuasaan wajib bagi kita untuk mentaati mereka dalam perkara yang ma’ruf. Hal itu dilakukan agar tidak terjadi pertumpahan darah dan hilangnya harta benda.

Asy-Syaikh Abul Hasan juga selalu memberikan nasehat agar masyarakat tidak melakukan pemberontakan kepada pemimpin mereka, serta tidak berbicara secara provokatif yang menyebabkan terjadinya bentrokan, kekerasan, dan kekacauan. Beliau memandang bahwa menjaga stabilitas keamanan adalah tujuan mulia dari syari’at Islam ini. Walaupun ada kerusakan di dalamnya namun itu tidaklah parah (dibandingkan kerusakan pemberontakan). Beliau memberikan permisalan dalam hal ini adalah negara Iraq dan juga negara-negara yang lainnya, meskipun mereka mengalami hal-hal yang kurang menyenangkan dari pemerintahnya, namun apa yang terjadi setelah penguasa mereka lengser!!! Tidak ada sama sekali kemajuan dari segi agama bahkan kemajuan dari segi duniawi.

Beliau memandang bahwa memberontak kepada pemerintah akan menyebabkan suatu kerusakan yang besar, kecuali dalam kondisi yang sangat sempit dan darurat. Beliau juga meyakini bahwa umat ini tidak akan menjadi baik kecuali dengan mengikuti jejak generasi yang pertama (para salaf) dalam memperoleh kejayaan.

Beliau memandang bahwa sistem demokrasi banyak sekali menimbulkan kerusakan di tengah-tengah umat Islam dibandingkan manfaat yang didapat. Sehingga dalam hal ini beliau memandang terkadang seorang perlu untuk berpartisipasi dalam pemilu atau tidak perlu berpartisipasi tergantung kondisi dan menimbang maslahat dan madharat secara syar’i. Yang perlu beliau tekankan disini bahwa masalah keikut sertaan dalam pemilu untuk menggunakan hak pilih adalah permasalahan ijtihadiyah yang mana hal tersebut kembali kepada masahat dan madharat yang akan dihadapi. Masalah ijtihadiyah semacam ini tidak selayaknya untuk menjadi bahan tolak ukur dalam Al-Wala’ (loyalitas) atau pun Al-Bara’ (beerlepas diri). Hal semacam ini adalah perkara yang amat sangat jelas tatkala seorang meneliti dan membaca kitab beliau atau duduk untuk mendengarkan ceramah dan rekaman beliau.

Asy-Syaikh Abul Hasan juga berfatwa dalam berbagai macam kejadian dan kasus atau makalah ringkas yang berkaitan dengann umat Islam secara umum atau pun khusus yaitu di negeri Yaman. Seperti fatwa beliau terkait dengan kejadian di Gaza, tentang fitnah Syi’ah rafidhah yang ada di Yaman, kejadian yang ada di selatan Lebanon, demonstrasi besar-besaran yang ada di Yaman, pemilihan kepala negara dan gubernur, dan berbagai macam kejadian-kejadian lainnya yang kesemuanya tersebar di situs-situs internet atau pun sumber-sumber lainnya.

Beberapa Tuduhan dan Hujatan Yang Ditujukan Kepada Beliau

Hujatan-hujatan yang banyak diarahkan kepada beliau paling banyak berasal dari orang-orang yang mereka taqlid terhadap Asy-Syaikh Rabi’ hafidzahullah. Yang mana mereka taqlid bukan dilandasi karena kebenaran dalil yang dibawa oleh Syaikh Rabi’, akan tetapi karena kekhawatiran mereka juga akan mendapatkan hujatan yang sama.[31]

Yang mana mereka berpadu diatas sikap yang ghuluw dalam beragama dan bersikap melampaui batas, oleh karena itu Syaikhuna Abul Hasan telah membantah mereka dalam sejumlah kitab-kitab dan risalah-risalah ilmiah yang seluruhnya terkumpul menjadi 2 jilid dengan judul “Addifa’ An Ahlil Ittiba’. Pada kitab tersebut beliu memaparkan syubhat-syubhat mereka dan memeberikan komentar serta bantahan ilmiah yang cukup telak, sehingga nampaklah cara bermanhaj mereka yang dipenuhi dengan sikap ekstrim, taklid, dan menyelisihi dakwah salafiyah yang tersusun dalam beberapa pion. Dan ternyata apa yang selama ini mereka dengung-dengungkan tentang beliau adalah kekeliruan yang sebenarnya kebenaran ada pada beliau. Mereka telah menerapkan suatu tindakan yang tidak di dasari oleh landasan berpijak yang benar, yang mana semuanya kembali kepada taklid dan fanatisme buta.

Meskipun buruknya tuduhan yang mereka arahkan kepada beliau, beliau tetaplah membantah mereka dengan penuh adab dan sikap objektif seperti membenarkan suatu kebenaran yang ada pada mereka, berterimakasih atas kebenaran yang mereka sampaikan, tidak bertindak membabi buta dan melampaui batas terhadap mereka, menyebutkan keutamaan yang ada pada mereka sebelum bersikap adil kepada mereka, memaafkan dan mendo’akan mereka apabila berkaitan dengan kehormatan beliau; adapun tindak tanduk mereka yang menyelisihi dakwah maka beliau membantahnya dengan ilmiyah tanpa ada basa-basi.

Diantara oknum yang paling keras dalam menyerang beliau adalah Syaikh Rabi’ hafidzahullah yang dianggap sebagai pembesar dikalangan orang-orang yang bersikap ghuluw dan ekstrim –dan bukan berarti kita membuang hal-hal kebaikan yang ada pada beliau dan pembelaan beliau terhdap sunnah-. Dalam berbagai kesempatan beliau banyak memberikan bantahan ilmiyahnya kepada syaikh Rabi’ dan orang-orang yang bersamanya. Diantara orang-orang yang mereka sepemikiran dengan syaikh Rabi’ dari Yaman antara lain: Muhammad bin Abdul Wahhab Al-Wushobi, Yahya Al-Hajuri, Muhammad bin Abdillah Al-Imam, Abdul Aziz Al-Bura’i dan selain mereka yang mana beliau telah membantah mereka semua dalam kitab beliau tersebut dan juga beliau bantah mereka dalam sepuluh kaset berupa bantahan terhadap ucapan mereka dan syubhat-syubhat mereka secara satu per satu.

Diantara tuduhan keji yang dialamatkan kepada beliau adalah tuduhan bahwa beliau mencela para shahabat dan mencela Nabi shallallahu’alahi wasallam, sungguh tuduhan yang tidak ada bukti dan hanya berlandaskan hawa nafsu semata. Dan mereka juga menuduh syaikh Abul hasan adalah seorang yang hizby[32] dan bersikap lembek dalam bermanhaj.[33]

Diantara kelompok yang juga memberikan permusuhan keras terhadap dakwah beliau adalah kelompok sesat dari kalangan takfiri (tukang mengkafirkan) atau para teroris yang kerjaannya bom sana dan bom sini serta menyebabkan berbagai macam kegaduhan dan huru-hara. Syaikh Abul Hasan pun telah melakukan pendekatan kepada mereka dengan memberikan nasehat dan arahan, sebagiannya ada yang terekam di Yaman, di Inggris dan di tempat lainnya. Beliau juga menulis sebuah karya monumental yang berjudul “Fitnatut Tafjirat wal Ightiyalat” (Fitnah pengeboman dan pembunuhan: sebab yang melatar belakangi aksi tersebut, dampak yang diperoleh dari aksi tersebut, dan solusinya). Beliau juga menyerukan kepada para da’i untuk persepakat dalam permasalahan yang itu merupakan prinsip dari manhaj ahlussunnah dan saling memberikan toleransi dalam permasalahan-permasalahan yang bersifat khilafiyah yang luas. Namun sangat di dayangkan ajakan mulia beliau ini tidak mendapat respon dari sebagian pihak yang hanya mengedepankan kepentingan pribadi dan selalu perkataannya yang didengar, inilah pangkal dari perpecahan yang melanda barisan ahlus sunnah. Wal’iyadzubillah.

Manhaj Beliau Berkaitan dengan Permasalahan-Permasahan Kontemporer

Terkait dengan hal-hal yang bersifat kontemporer, beliau tidaklah menolak hal tersebut secara total dan tidak juga menerimanyya secara total. Akan tetapi dalam hal ini haruslah ditimbang dengan timbangan syar’i berdasarkan rincian berikut:
  • Apabila hal-hal tersebut sesuai dengan syari’at misalnya sesuai dengan dalil, ijma’ atau qiyas yang shahih maka hal-hal tersebut bisa di terima, baik sebagai wasilah yang bersifat wajib atau pun sunnah.
  • Apabila hal-hal tersebut bertentangan dengan dalil yang sharih atau ijma’ yang yakin maka perkara tersebut tertolak dan tidak ada kemuliaannya. Kecuali apabila dalam kondisi darurat hal tersebut tentu di lakukan manakala sesuai dengan qiyas yang shahih dan tujuan syari’at yang mulia.
  • Hal-hal yang memang didiamkan oleh syari’at, maka asal dari hal tersebut adalah mubah, namun apabila kerusakan yang ditimbulkan lebih dominan dari manfaat yang didapatkan maka hal tersebut tertolak dan dikategorikan kepada kelompok yang kedua. Namun apabila manfaatnya lebih dominan maka dikategorikan kepada kelompok yang pertama. Oleh karena itu dalam menghadapi permasalahan tersebut tidaklah ditelan secara mentah-mentah atau ditolak secara mentah-mentah. Beliau telah menjelaskan hel tersebut secara panjang lebar tatkala beliau diwawancarai oleh harian ‘Jumhuriyah’ Yaman.
Kesibukan Dan Peran Sentral Beliau Dalam Permasalahan Dakwah

Syaikhuna Abul hasan hafidzahullah –mudah-mudahan Allah selalu membimbing dan menunjuki beliau diatas petunjuk-beliau adalah pemimpin dari lembaga dakwah Darul Hadits sekaligus merangkap sebagai pengajar di dalamnya. Di Markaz/lembaga tersebut ada sekitar lima ratus murid, 120 diantaranya adalah murid-murid yang sudah berkeluarga. Murid-murid beliau pun tersebar di berbagai propinsi di Yaman antara lain: Shan’a, Dzamar, Ib, Ta’iz, Aden, Abyan, Lahj, Syabwah, Hadhramaut, Amran, Sa’dah dan Al-Jauf. Mereka saling tolong menolong dengan para da’i setempat dalam rangka menegakkan manhaj secara i’tidal (lurus) dan wasithiyah (moderat). Mudah-mudahan Allah menambahkan bagi mereka ilmu, sikap santun, kesabaran dan keyakinan. Ditengah-tengah kesibukan beliau yang padat, beliau masih sempat untuk menyibukkah diri dengan menuangkan karya tulis, memberikan fatwa kepada orang-orang yang berkunjung kepada beliau, menjawab pertanyaan orang-orang yang bertanya kepada beliau melalui via telephon,beliau pun menyambut para tamu yang datang kepada beliau dari kalangan taholibul ‘ilmi ataupun dari kalangan perkumpulan kabilah. Beliau pun menyempatkan banyak waktu untuk menasehati mereka dan mengarahkan mereka untuk menolong tauhid dan sunnah, beliau pun juga berkhutbah masjid-masjid yang ada di Ma’rib dan juga di berbagai propinsi yang lain. Beliau pun sering menjadi penengah diantara para kabilah yang berseteru dengan syari’at Allah Ta’ala, beliau juga memberikan peringatan keras dari setiap pemikiran-pemikiran sesat yang masuk ke negeri Yaman. Kebiasaan beliau untuk mendamaikan diantara qabilah memberikan dampak yang sangat positif terutama dalam penyebaran dakwah di tengah lapisan masyarakat. Beliau juga masih menyempatkan diri untuk mengikuti perkembangan para tholibul ilmi di berbagai propinsi serta menyempatkan diri untuk mengoreksi tulisan-tulisan mereka baik yang ada di dalam markaz beliau atau pun yang ada di luar.

Sikap Beliau dengan Keberadaan Yayasan Khoiriyah atau yang Sejenisnya

Sikap beliau berkaitan dengan masalah ini sangatlah jelas, secara ringkas beliau menjelaskan bahwa keberadaan yayasan khoiriyah memiliki peran yang sentral terutama berkaitan dengan tolong menolong dalam hal kebaikan dan ketaqwaan. Namun haruslah tetap ada pengarahan dan nasehat di dalamnya –namun bukan di sini tempat unyuk merincinya-, syaikh Abul Hasan telah memberikan bantahan terhadap orang-orang yang yang berusaha memerangi keberadaan yayasan dengan alasan itu adalah suatu kebid’ahan, hizbiyah, atau bentuk basa-basi dalam agama atau klaim-klaim lain yang mereka ungkapkan. Bahkan lembaga yang beliau asuh pun berdiri di bawah naungan yayasan At-Taqwa yang bergerak dalam amal kebaikan atau ilmu syar’i, bahkan yayasan tersebut juga bergerak dalam bidang sosial lainnya seperti tempat minum untuk fasilitas umum, gaji bagi para da’i, orang-orang yatim, maupun program-program tahunan baik di dalam lembaga tersebut atau pun di luar. Beliau juga menganjurkan para penuntut ilmu untuk dan orang-orang yang cinta terhadapnya untuk mendirikan yayasan-yayasan sosial di berbagai propinsi. Beliau juga menjelaskan bahwa hal tersebut akan memberikan manfaat di masa-masa yang akan datang. Mudah-mudahan Allah memberikan manfaat dari nasehat tersebut.

Manhaj Beliau Dalam Berdakwah dan Contoh-contoh Dari Para Ulama Yang Banyak Memberikan Pengaruh Pada Beliau

Telah diketahui dalam diri beliau sifat washathiyah (moderat) dan i’tidal (bijak) dalam bermanhaj, dan itulah yang nampak dalam dakwah yang beliau jalani selama bertahun-tahun. Beliau berusaha untuk mempersatukan diantara para da’i yang mengajak kepada sunnah. Yang mana perselisihan yang terjadi diantara mereka akan memberikan dampak yang sangat negatif terhadap keberlangsungan dakwah salafiyah. Beliau berusaha untuk mempersatukan para da’i ahlus sunnah dengan hal-hal yang mereka sepakati dari prinip-prinsip ahlus sunnah wal jama’ah. Beliau memandang bahwa dakwah akan tegak dengan adanya dua pilar: sunnah dan jama’ah, ittiba’ dan bersatu, atau berpegang teguh dan bahu membahu. Setiap pilar diatas wajib bagi setiap da’i untuk menegakkannya, terkadang seorang bisa mendahulukan satu pilar atas pilar yang lainnya sesuai dengan situasi dan kondisi yang di tuntut dalam sebuah dakwah. Syaikhuna Abul Hasan sangatlah memberikan perhatian besar dalam hal skala prioritas dalam pelaksanaan yang wajib, namun dalam menentukan hal tersebut haruslah dilakukan dengan timbanga ilmu syar’i yang bersih dari hawa nafsu dan hizbiyah, syaikh Abul Hasan sangatlah terpengaruh dengan sosok ulama terdahulu diantaranya syaikhul Islam Ibnu Taimiyah dan muridnya imam Ibnul Qayyim rahimahumallah, adapun dari kalangan ulama kontemporer antara lain syaikh Abdul Aziz bin Baz rahimahullah dari segi jasa beliau dalam penyebaran dakwah ini secara luas, dalam hal kasih sayang beliau terhadap sesama ahlus sunnah baik dari kalangan ulama maupun dari kalangan awam, dan juga dari segi keteladanan syaikh bin baz dalam menjaga prinsip-prinsip ahlus sunnah dan jauhnya beliau dari memecah belah barisan kam muslimin dengan tetap membantah para ahli batil dengan berbagai macam dalil dan petunjuk. Meskipun demikian tidak ada yang ma’shum dihadapan Allah kecuali Nabi Muhammad shallallahu’alaihi wasallam. Dalam bidang hadits beliau banyak terpengaruh dengan dua ulama besar yaitu Al-Allamah Abdurrahman bin Yahya Al-Mu’allimi dan ahli hadits masa kini yaitu syaikh Muhammad Nashiruddin Al-Albani, adapun dalam permasalahan Fiqih beliau banyak terpengaruh dengan berbagai macam ulama ahlus sunnah rahimahumullah.

Karakteristik Lembaga Darul Hadits Yang Beliau Pimpin

Diantara karakteristik Darul Hadits antara lain:
  1. Menerapkan manhaj Al-Washathiyyah Wal i’tidal.
  2. Memiliki sifat adil dalam diri sendiri sebelum menilai orang lain.
  3. Mengetahui permasalahan ilmiyah yang para ulama ijma’ diatasnya dan permasalahan yang diperselisihkan oleh para ulama.
  4. Tidak memasukkan prinsip Al-Wala’ (loyalitas) dan Al-Bara’ (berlepas diri) dalam masalah ijtihadiyah.
  5. Membuka pintu dialog dengan orang-orang yang menyelisihi kebenaran, untuk menunjukan mereka diatas kebenaran bukan untuk mencari kemenangan.[34]
  6. Bekerja sama dengan seluruh da’i ahlus sunnah dalam kebaikan dan taqwa, bahkan bekerja sama dengan selain ahlus sunnah untuk melawan pihak-pihak yang lebih membahayakan. Seperti bekerja sama dengan Zaidiyah dalam rangka melawan Syi’ah Rafidhah, yang mana mereka memerangi ahlus sunnah dan zaidah.
  7. Tidak menjelek-jelekkan para da’i yang berjuang dalam rangka menegakkan prinsip-prinsip ahlus sunnah wal jama’ah. Akan tetapi yang benar adalah menyebarkan keutamaan mereka, dan mendo’akan mereka diatas hidayah, dengan tetap memberikan nasehat atas kesalahan yang mereka lakukan dengan cara yang baik.
  8. Memahami istilah ahlus sunnah wal jama’ah dengan cara yang benar, oleh karena itu tidak seorang di keluarkan dari ahlus sunnah walaupun ia melakukan berbagai macam pelanggaran, kecuali apabila ia melakukan penyelisihan dalam pokok-pokok ahlus sunnah yang telah disepakati oleh para ulama, dengan tetap memperhatikan kaedah dalam menghukumi secara umum dan person tertentu, dan harus juga dibedakan antara ucapan dan yang mengucapkannya, juga diantara ucapan dan konsekuensi dari ucapan dst…
  9. Memberikan prioritas terhadap pembinaan masyarakat umum dalam perkara agama mereka, hal itu agar mereka tidak terjatuh dalam pemikiran-pemikiran sesat, hal itu disertai dengan kasih sayang terhadap mereka, tidak membuat mereka lari dari dakwah, dan haruslah disertai dengan kesadaran bahwa mereka akan mendapatkan kebaikan dengan adanya dakwah.
  10. Memberikan perhatian terhadap perkembangan ilmiah para da’i, penyucian jiwa-jiwa mereka, serta menghubungkan perkataan para salaf dengan realita yang mereka hadapi, hal itu dilakukan agar para da’i selamat dari kontradiktif dan berkata atas nama salaf tentang sesuatu yang mereka tidak mengilmuinya.
  11. Perhatian terhadap ilmu-ilmu syar’i. Bagi siapa saja yang melihat dengan seksama tulisan-tulisan ilmiah yang ditulis oleh murud-merid beliau dia akan mendapati betapa tingginya tingkatan ilmu yang mereka miliki, dan mereka sangat mumpuni dalam bidang tulis menulis, baik dari kalangan pria maupun wanita.
  12. Diantara program yang dicanangkan di dalam lembaga tersebut (Darul Hadits) adalah mencetak majalah-majalah Islami yang disalurkan ke berbagai lapisan masyarakat.
  13. Memberikan perhatian berkaitan dengan adab-adab khilaf yang terjadi dikalangan para da’i yang mereka mengabdi untuk agama ini. Tidak boleh bagi seseorang mengklaim suatu ucapan yang tidak diucapkannya, memberikan penilaian baik terhadapnya, dan yang pada akhirnya memperbaiki hubungan baik dengannya.
  14. Memberikan perhatian terhadap pembelajaran Sirah dan Tarikh (sejarah). Yang mana dengan adanya pembelajaran tersebut akan memberikan hiburan kepada para murid, hilangnya rasa keputus asaan dari pertolongan Allah, dan yakin terhadap janji Allah Ta’ala. Dan tidaklah diragukan bahwa pembelajaran yang beliau berikan telah banyak membekas pada murid-murid beliau, yang mana pembelajaran tersebut bertolak pada sebuah dalil yang pasti tentang kebenaran yang beliau bawa.
Oleh karena itu para murud beliau dikenal dengan keadilan, sikap objektif, berusaha memahami realita yang ada baik di masa sekarang maupun di masa yang akan datang, dan berusaha memperhatikan serta mencocoki dengan tujuan mulia syari’at Islam. Lebih dari pada itu para murid beliau sangatlah membenci sikap ekstrim dan meremehkan dalam hal beragama. Ini jelas adalah merupakan keutamaan yang semata-mata bersumber dari Allah Ta’ala. Walaupun ada dari sebagian mereka yang kemudian melenceng, namun itu semua sama sekali tidaklah membahayakan bagi orang-orang yang berpegang teguh terhadap kebenaran sebagaimana tidaklah membehayakan shahabat Ali radhiyallahu’anhu dengan keberadaan orang-orang yang menentang beliau (khawarij).

Inilah sekelumit tentang dakwah yang dicanangkan oleh Syaikh Abul Hasan dan murid-murid beliau di Markaz Darul Hadits Ma’rib. Rincian dari apa yang dipaparkan ini bisa dibaca dengan jelas pada kitab beliau yang berjudul As-Sirajul Wahhaj dan kitab Ad-Difa’ ‘An Ahlil Ittiba’. Mudah-mudahan Allah senantiasa mencurahkan rahmat-Nya kepada beliau dan kepada kita semua.

وصلى الله وسلم على نبينا أجمعين محمد وعلى آله وصحبه
Ditulis Oleh:
Abu Abdillah Umar bin Ahmad ‘Aliyu
Dan dikoreksi oleh Fadhilatusy Syaikh Abul Hasan Mustafa bin Isma’il As-Sulaimany.

Catatan kaki dan beberapa tambahan oleh:
Al-Faqir ilallah Abu Fawwaz Hizbul Majid bin Abu Mas’ud Al-Jawi.
Bontang, Kamis, 17 Januari 2013 | 5 Rabi’ul Awal 1434 H.

[1] Kitab yang membahas beberapa kaedah yang berkaitan dengan disiplin ilmu Al-ajarh Wat-ta’dil.
[2] Suatu kitab yang membahas tentang kekhususan Rasulullah shallallahu’alaihi wasallam dan umat Islam.
[3] Sebuah buku yang berisi tanya jawab tentang ilmu mustholah, ilal, dan Jarh Wat Ta’dil yang di tujukan kepada Asy-Syaikh Abul Hasan dari sebagian para tholabatul ‘ilmi.
[4] Kitab ini berisi tentang bunga rampai fatwa beliau dalam berbagai macam permasalahan ilmu syar’i.
[5] Sebuah kitab yang menjelas tentang beberapa hukum terkait dengan ‘iedul fithri dan ‘iedul adhha.
[6] Sebuah kitab yang membahas tentang hukum seorang yang meninggalkan shalat.
[7] Sebuah karya monumental beliau yang membantah orang-orang yang bersikap ghuluw dalam permasalahn tabdi’ (membid’ahkan), dan Hajr (memboikot).
[8] Sebuah buku yang membahas tentang manhaj Ahlus sunnah wal Jama’ah secara global dan ringkas. Buku ini telah diberi kata pengantar oleh beberapa ulama senior, dan telah di terjemahkan kedalam bahasa Indonesia dengan judul “Pancaran Cahaya Manhaj Salaf” terbitan pustaka Imam Bukhari Solo.
[9] Sebuah kitab yang membahas tentang hukum bom bunuh diri, faktor-faktor yang melatar belakangi tindakan tersebut, dampak yang ditimbulkan, dan solusinya. Beliau pernah membahas buku ini di kantor kedutaan besar Indonesia di Yaman dan mendapat sambutan baik –dengan izin Allah- dari bapak dubes, konsuler, dan beberapa mahasiswa Indonesia yang belajar di Yaman.
[10] Buku ini membahas tentang perselisihan para ulama tentang kapankah waktu terkabulnya do’a pada hari Jum’at, disertai dengan pemaparan dalil-dalil mereka, yang kemudian di baha oleh beliau dengan merajihkan kumpulan-kumpulan riwayat tentang masalah tersebut.
[11] Buku yang menjelaskan tentang syarah matan Al-Baiquniyah dalam ilmu Mustholahul Hadits. Yang mana kitab beliau ini adalah merupakan syarah terbesar diantara syarah-syarah lain dalam mensyarah matan Al-Baiquniyah.
[12] Sebuah risalah ringkas yang membasah tentang ilmu mustholah secara sistematik disertai dengan tabel pembahsan untuk mempermudah bagi para pemula yang ingin belajar tentang imu mustholah hadits.
[13] Kitab ini berisi tentang tahqiq beliau terhadap kitab Ad-Daa’ Wad Dawa’ karya imam Ibnul Qayyim, yang mana beliau benyak memberikan penelitian terhadap hadits-hadits dan beberapa atsar yang ada di dalamnya.
[14] Sebuah kitab yang membahas tentang kumpulan hukum yang berkaitan dengan aqiqah dan kelahiran anak.
[15] Buku ini membahas tentang hukum-hukum yang berkaitan dengan zakat fithri.
[16] Buku yang membahas tentang diperbolehkannya transaksi jual beli dengan sitem kredit.
[17] Kitab yang membahas tentang bolehnya seorang berpuasa pada hari sabtu.
[18] Kitab ini membahas tentang beberapa permasalahan fiqih yang berkaitan dengan Tarawih, qunut, witir dan I’tikaf.
[19] Tahqiq beliau terhadap kitab Shahih Bukhari, Ibnu Khuzaimah dan al-Baihaqi tentang permasalahan membacanya makmum di belakang imam.
[20] Tahqiq beliau terhadap kitab Fathul Bari karya Al-hafidz Ibnu Hajar.
[21] Kitab yang membahas tentang disunnahkannya membaca basmalah sebelum berwudhu’.
[22] Sebuah risalah yang membahas tentang hukum seorang yang sedang tidak berpuasa (karena safar) apakah ia harus tetap menahan makan dan minum atau tidak setelah selesai dari safar sementara matahari belum terbenam.
[23] Buku ini membahas tentang hal-hal yang berkaitan dengan malam nishfu sya’ban.
[24] Kitab yang mengupas beberapa faedah yng terdapat di dalam kitab ‘ilal Daruquthni dan Abu Hatim.
[25] Komentar Syaikh Abul Hasan dalam kitab At-Taqrib karya imam Ibnu Hajar rahimahullah.
[26] Faedah-faedah berkaitan dengan ilmu hadits yang terdapat dalam kitab At-Tahdzibut Tahdzib karya imam ibnu Hajar rahimahullah.
[27] Bantahan beliau terhadap syubhat-syubhat yang dilontarkan oleh syi’ah Rafidhoh.
[28] Risalah manhajiyah yang berkaitan dengan sikap pertengahan ahlus sunnah dalam segala perkara.
[29] Syarah beliau terhadap kitab Ba’itsul hatsits karya Asy-Syaikh Ahmad Syakir rahimahullah.
[30] Sebagaimana juga dalam kitab beliau Sabilun Najah..(-pent)
[31] Dalam banyak ceramah beliau mereka diibaratkan seperti kabel listrik yang saling setrum-menyetrum satu dengan yang lain.
[32] Mengajak kepada fanatisme kelompok.
[33] Akhirnya sesama mereka pun saling bertengkar, tahdzir mentahdzir, hajr-menhajr, dst…lalu siapa sebenarnya yang hizbi Syaikh Abul Hasan Pa mereka?!!!!
[34] Prinsip ini telah banyak di lalaikan oleh pihak-pihak yang mengaku salafi dengan alasan menjauhi syubhat. Padahal hakekatnya mereka adalah orang-orang penakut yang hanya berani mengumpat lewat internet dan buku-buku saja. Wal’iyadzubillah.
  

0 komentar:

Posting Komentar

Artikel Terbaru

Popular Posts